RANGKUMAN SAP

TAHAPAN MANAJEMEN PROYEK


Penilaian Kelengkapan Administrasi Tender
Dimana dokumen administrasi merupakan dokumen pertama yang dinilai panitia tender dalam proses seleksi selain dokumen teknis dan daftar penawaran harga yang disepakati bersama dengan peserta tender.
<>Formulir Kualifikasi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
a. Surat pernyataan minat
b. Surat pernyataan fakta integritas
c. Formulir isian penilaian kualifikasi
d. Surat pengantar penawaran
e. Surat pernyataan kebenaran dokumen
f. Surat pernyataan bukan PNS
g. Surat pernyataan tidak dalam pengawasan
h. Surat pernyataan tidak masuk dalam daftar hitam( black list)
i. Surat pernyataan bersedia memberikan jaminan pelaksanaan
j. surat pernyataan memiliki kemampuan pada bidang pekerjaan usaha kecil
k. Surat pernyataan mampu menyediakan Fasilitas,peralatan,dan personel.
l. Surat asli kuasa penandatanganan penawaran ( jika penandatanganan dikuasakan).
<> Dokumen Legal
a. Fotocopy akte pendirian dan perubahan
b. Fotocopy tanda daftar perusahaan (TDP)
c. Fotocopy surat izin usaha perdagangan (SIUP)
d. Fotocopy surat izin usaha jasa konsturksi (SIUJK)
e. Fototcopy sertifikat badan usaha jasa konstruksi ( SBUJK)
f. Fotocopy sertifikat ISO
g. Surat pernyataan identitas diri dan fotocopy KTP
h. Fotocopy SIKA PKN (SP-PJT)
i. Surat keterangan domisili
j. Dokumen-dokumen lainnya yanga sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh panitia tender.
<> Dokumen Pajak
a. Fotocopy NPWP dan PKP
b. Fotocopy bukti penerimaan surat SPT tahunan PPh baan, PPh pasal 21, SSP pasal 25.
<> Dokumen BANK
a. Surat asli referensi Bank
b. Fotocopy Neraca Audi ( untuk pengadaan barang, pemborong,dan jasa lainnya.
c. Surat jaminan penawaran dari bank ( untuk pengadaan barang, pemborong dan jasa lainnya ).

Aspek Administrasi dalam pengelolaan Usaha
Salah satu aspek yang perlu kita pelajari adalah aspek ini dimana meliputi perizinan usaha, surat menyurat, pencatatan barang dan jasa, pencatatan transaksi keuangan dan pajak.
Adapun bidang yang memerlukan perizinan yaitu:
Usaha perdaganan memerlukan SIUP dari departemen perdagangan
Usaha dibidang kepariwisataan
Usaha jasa konstruksi ( SIUJK )
Usaha dibidang industri memerlukan surat izin usaha perindustrian.
Surat izi gangguan ( HO ) dan surat izin tempat usaha (SITU)
Surat pemohon
Fotocopy surat pemohon
Fotocopy IMB sesuai fungsi usaha
Fotocopy tanda lunas PBB tahun berjalan
Fotocopy akta pendirian usaha
Fotocopy keterangan domisili
Surat pernyataan tidak keberatan tetangga
Fotocopy surat tanah.
Surat perjanjian sewa menyewa
Berita acara pemeriksaan lapangan
Berita acara rapat pembahasan.
Jenis-jenis pajak
Pajak penghasilan
Pajak penambahan nilai
Manajemen proyek
Manajemen proyek adalah salah satu cara yang ditawarkan untuk maksud pengelolaan suatu proyek, yaitu suatu metode pengelolaan yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif sejak pertengahan abad ke-20 untuk menghadapi kegiatan khusu yang berbentuk proyek (Imam soeharto,1999)
Sasaran utama dalam manajemen proyek dapat dikategorikan sebagai berikut:
Pengembangan dan penyelesaian sebuah proyek
Mengembangan reputasi akan kualitas pekerjaannya.
Menciptakan organisasi dikantor.
Menciptakan iklim kerja yang mendukung baik untuk segi sarana.
Menjaga keselarasan hubunga antara sesama.
Project manager
Project manager adalah struktur organisasi kontraktor memegang posisi sebagai pemimpin dalam pelaksanaan proyek
Menguasai seluruh isi dokumen kontrak
Menjamin tersedianya seluruh sumber daya yanga diperlukan
Memantau dan mengevaluasi
Melakukan megosiasi dengan sub kontraktor.
Menetapkanb asumsi-asumsi yang diperlukan.
Memberi pengarahan dalam tahap pembuatan RAAP ( Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek )
Memberi pengarahan pelaksanaan proyek
Kegiatan yang dilakukan dalam manajemen proyek
Identifikasi objek yang akan dikelola
Konsep pengelolaan yang akan dipakai
Area ilmu manajemen proyek ( PM-BOK )
Metode, teknuk, dan prosedur
Aplikasi konsep manajemen proyek pada praktek penyelenggaran ( operasional ) proyek.
Persyaratan mengikuti tender proyek konstruksi
Persyaratan bagi pengguna proyek
Memiliki integritas moral
Disiplin tinggi
Tanggungjawab
Memilik sertifikat keahlian pengadaan barang dan jasa
Memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan, bertindak tegas, teladan dalan sikap dan perilaku tidak pernah terlibat KKN.
Persyaratan bagi panitia tender
Memiliki imtegritas moral dan disiplin
Memahami keseluruhan pekerjaan
Memahami jenis pekrejaan tertentu
Memahami isi dokumen pengadaan atau metode
Tidak mempunyai hubungan keluarga dengan pejabat yang mengangkat dan menetepkannya sebagai panitia tender
Memiliki keahlian pengadaan barang
Persyaratan bagi kontraktor dan konsultan
Kontraktor harus memiliki SIUP ( Surat ijin usaha perdagangan)
Surat dan formulir ditanda tangani oleh orang yang secara hukum.
Jika kontraktor memiliki kemitraan maka harus mempunyai surat perikatan
Adanya pengalaman dalam penyediaan barang baik lingkungan pemerintah dan lain lain.
Tidak dala pengawasan pengadilan tidak bangkrut
Kinerja yang baim dan tidak terdartar dalam buku hitam
Memilik kemampuan dalam bidang pemasukan yang sesuai dalam paket pemasokan.
Memilili alamat tetap dan jelas serta dapat dijangkau.
Tahapan pelelangan/ tender proyek
Tahap pengumuman pelelangan/tender sudah barang tentu pengumuman lelang sangat mudah ditemukan,sehingga para kontraktor dan konsultan memiliki peluang yang sangat besar untuk mengikuti tender.
Berdasarkan surat menteri negara PPN/kepala Bappenas untuk tahun 2009 sampai 2010 koran harian umum indonesia menjadi surat kabar yang mengumumkan pengadaan barang dan jasa pemerintah.
Tujuan pengumuman lelang melalui internet adalah:
Memudahkan souring, proses pengadaan, dan pembayaran
Komunikasi online antara buyers dengan vendors.
Mengurangi biaya proses dan administrasi pengadaan
Menghemat biaya dan mempercepat proses.

Panitia biasanya memberikan syarat-syarat pendaftaran,persyaratan tersebut diantaranya:
Pendaftaran harus dilakukan langsung oleh pemimpin perusahaan.
Surat kuasa jika diwakilkan
Akta pendirian perusahaan dan perusahaannya
Surat izin usaha
Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku
Dan persyaratan lainnya yang ditentukan oleh Panitia tender.
Dokumen tender yang diterima pada saat pendaftaran adalah dokumen yang menjelaskan secara spesifik pekerjaan yang akan ditenderkan. Didalamnya menjelaskan perincian secara teknis dan pekerjaan yang akan dikerjakan oleh para kontraktor atau konsultan diantaranya :
Metode pengadaan
Cara penyampaian penawaran memakai satu sampul, dua sampul, atau dua tahap.
Dokumen apa saja yang harus dilampirkan dalam dokumen penawaran.
Acara pembukaan dokumen tender
Metode evaluasi
Hal-hal yang menggugurkan penawaran
Jenis kontrak yang digunakan
Ketentuan harga atas pengunaan produk dalam negri
Ketentuan dan cara sub kontak sebagai pekerjaan kepala usaha kecil, termasuk koperasi kecil.
Besaran, masa berlaku, dan penjamin yang dapat mengeluarkan jaminan penawaran.
Pernyataan dan penawaran serta jawaban antara peserta tender dan panitia harus ditulis pada sebuah kertas dan dituangkan dalam berita acara serta ditandatangani oleh panitia dan wakil peserta yang hadir pada saat penjelasan dokumen tender. Hasilnya akan dibagikan kepada peserta tender.

Comments

Popular posts from this blog

About my self

I CAN'T IMAGINE LIFE WITHOUT NATURE